Aplikasi Restoran/Cafe menggunakan Visual Basic



Hallo assalammualaikum kali ini saya posting mengenai pemograman visual basic menngunakan visual studio 2012, aplikasi yang saya buat adalah aplikasi restoran yang saya namakan "Gendats Cafe" saya membuat project ini dikarenakan kewajiban saya sebagai mahasiswi untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pemograman saya yaitu Bapak Agus Suharto,kenapa saya memilih membuat aplikasi restoran/cafe ? karena saya suka makan hehe oke langsung aja ke pembahsan utama,
Langkah pertama :
yang harus di lakukan tentu saya membuka aplikasi Visual Studio 2012 kalo belom punya ya diinsntall dulu yaa

Langkah Kedua :
Lalu create project caranya : File -> New -> Project Solution pilih Visual Basic.Net jangan lupa  kasih nama projectnya

 Setelah itu buat desain pada form berikut adalah desai yang saya buat,saya menggunakan 2 form yaitu form welcome dan form menu utama :







  Langkah Keempat : Setelah Desainnya dibuat,pertama - tama kita masukan source code pada form welcome,disini saya menggunakan 3 button yaitu :
    • Button Menu Utama
    • Button About Us
    • Button Exit 
Berikut adalah source code yang sayang masukkan di form welcome 


Ketika Button Menu Utama di klik maka hasil runnya akan seperti ini :


Ketika Button About Us di klik maka hasil runnya akan seperti ini :


Dan ketika Button Exit di klik maka Hasilnya Akan seperti ini :


angkah Kelima : Selesai di form welcome maka selanjutnya kita masuk ke form menu utama berikut source codenya :
disini saya membuat hubungan dari vb ke microsoft word (penjelasannya ada dibawah) source code diatas juga untuk membuat combobox hari dan tahun secara otomatis jadi tidak harus mengisi items pada properties combobox 

Langkah Keenam :  Saya membuat menu makanan disini saya menggunakan combobox untuk menu makanannya dan picture box untuk menampilkan gambar makanan yang dipilih agar ketika combo box menu makanan di pilih maka gambar akan keluar secara otomatis di picture box dan saya menambahkan label dibawah picturebox untuk harga berikut source codenya :

Langkah Ketujuh : saya membuat menu minuman konsepnya sama seperti menu makanan  berikut source codenya :

Langkah Kedelapan :
Pada Checkbox “Tambah Dessert?” ketika checkbox di ceklis maka akan keluar menu dessert,harga dessert,kuantiti dessert  secara otomatis dan ketika kita uncheck makan menu dessert,harga dessert, kuantiti akan hilang berikut sourcecodenya :


Di menu dessert saya menggunakan button seperti berikut :


Pada Setiap Button saya masukan gambar caranya adalah klik button lalu ke properties - > image lalu import gambar di project sebagai berikut :


Pada setiap button saya masukan source code agar ketika button di klik maka harga dessert dan nama dessert akan keluar secara otomatis pada textbox nama dessert saya buat tidak terlihat karena saya hanya mengambil data dari textbox tersebut :



Langkah Kesembilan : Pada checkbox “Tidak” ketika di check maka akan keluar listbox,dan total harga secara otomatis namun ketika di uncheck maka listbox dan total akan hilang berikut source codenya :

Langkah Kesepuluh :  Pada textbox kuantiti dessert saya menambahkan sourcecode agar ketika textbox kuantiti dessert di isi maka button hitung akan keluar secara otomatis berikut codingannya :



Langkah kesebelas : pada button hitung kita tambahkan rumus untuk menjumlahkan seluruh total  harga ketika button hitung di klik maka total harga dan listbox pesanan akan keluar secara otomatis beikut source codenya :


Langkah keduabelas : setelah itu pada tombol reserve kita buat source code berikut , code ini berfungsi agar ketika kita mnegklik tombol reserve maka uang yang harus dikembalikan akan terkalkulasi secara otomatis dan pada listbox akan muncul  uang yang dibayar serta kembalian, juga akan menambilkan message dialog :
                             
Langkah ketigabelas : tombol refresh berfungsi untuk mengembalikan tampilan dari awal lagi, tambahkan source code berikut :





Langkah keempatbelas : pada button exit tambahkan sourcecode sebagai berikut :


Terakhir tambahkan autoword di checkbox “Save to Word”seperti berikut,jangan lupa untuk membuat dokumen word terlebih dahulu dan tambahkan bookmark di word  : 



Contoh word :

Contoh word telah terisi :


Selesai suuudah project yang saya buaat berikut hasil runningannya :



Komentar

  1. satu yang kurang: daftar menunya dibuat ke cekbox, coba kalo daftar menunya dibuat grid, ini app bisa diijual malah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih masukannya, tadinya saya ingin membuat daftar menu menggunakan grid tapi karena batas waktu pengumpulan tugas uas saya jadinya saya menghunakan checkbox, mungkin lain kali akan saya coba menggunakan grid terimakasih atas masukan dan sarannya

      Hapus
  2. kak kalau lengkap dengan database gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal buat databasenya di ms access coba liat di postingan yg spp pembayaran disitu ada database menggunakan ms access

      Hapus
    2. kak kalo codingannya eror di bagian form sm yg massagebox pada form welcome apa yang salah ya?

      Hapus
    3. Pesan errornya kayak gimana? Bisa di share disini gak?

      Hapus
  3. Ka klo misal menu"nya make DATABASE bisa ka ?

    soalnya klo ane kan ada penulisan ilmiah nah hrs ada database apakah klo menu"nya di jadiin database bisa yg kyak MENU makanan kan milih tuh itu make database kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Nanti tinggal di panggil aja tabelnya select * from nama tabelnya, kalo contoh yg disini gak pake database

      Hapus
  4. Ka klo misal menu"nya make DATABASE bisa ka ?

    soalnya klo ane kan ada penulisan ilmiah nah hrs ada database apakah klo menu"nya di jadiin database bisa yg kyak MENU makanan kan milih tuh itu make database kah ?

    BalasHapus
  5. nice gan.. di kampus gue 2 semester ketinggalan vb. nah bljr dari sini sekarang gue udah bisa vb. thx banget.
    Btw gue pakai visual studio 2015

    BalasHapus
  6. Bisa tidak minta source kode nya kak

    BalasHapus
  7. apa nama fb nya bs sharing-sharing gak

    BalasHapus
  8. Halo, Kak buat import word gimana yah? disitu saya bingung

    BalasHapus
  9. Kak itu gimana bila buat tanpa database masih pemula saya 😅

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Kak cara masukin ke word nya gimana caranya ya. dilangkah ke lima buat nulis word.application dan word.Dokumennya itu biar bisa gimana ya

    BalasHapus
  12. Kak buat yg masukin gambar lewat case kok error terus ya saya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Java Checkbox dan Radio Button