Membuat Program Sistem Pendaftaran dan Pembayaran SPP yang terhubung database di Visual Basic.net

Assalammualaikum wr,wb
hallo guys balik lagi nih ke program yang saya buat kali ini saya membuat program sistem pendaftaran dan pembayaran SPP yang bisa di aplikasikan khususnya untuk SMK yang terhubung dengan database, nah disini saya menggunakan Ms. Access untuk databasenya okey ini dia design yang saya buat di Ms. Access




Setelah membuat database pada Ms. Acces buatlah design pada visual basic, saya memakai 3 form, form pertama adalah form menu utama yang saya buat menggunakan menu strip berikut designnya :



Pada Form Kedua saya membuat design untuk pendaftaran seperti berikut :


Lalu pada form ketiga saya membuat design untuk form pembayaran spp seperti berikut :


Jika semua design dan database telah dibuat langkah selanjutnya adalah menambahkan source code pada form yang ada di visual basic. Nah untuk form pertama yaitu menu utamanya saya menambahkan source code seperti berikut :


Setelah form 1 selesai di coding, langkah selanjutnya adalah tambahkan source code pada form 2 yaitu form pendaftaran berikut source codenya :


fungsi timer adalah untuk menampilkan real time pada form tersebut dan tambahkan sorcecode berikut untuk membuat real timenya :


fungsi for yaitu untuk membuat tahun secara otomatis pada combobox tahun lulus
fungsi " NamaTextbox.Enabled = False " dan seterusnya adalah untuk mengunci isi field yang ada di form pendaftaran saat di run sehingga kita harus klik tombol "Add New" maka akan membuka field dan merefreshnya secara otomatis, berikut source codenya :





setelah itu tambahkan source code pada button save seperti berikut untuk menyimpan data yang telah di input ke dalam database  :

Tambahkan juga source code di button edit seperti berikut :
button edit berfungsi untuk mengubah data / mengupdate data




nah, untuk button hapus source codenya adalah seperti berikut :
button hapus/delete berfungsi untuk menghapus data yang ada di database

terakhir tambahkan source code di button refresh, button refresh berfungsi untuk mengkosongkan semua data di field yang telah di input, berikut source codenya :

berikut adalah hasil form 2 atau form pendaftaran yang telah di input :


Selesai di form 2 sekarang kita beralih ke Form 3 atau Form Pembayaran SPP, disini saya memakai koneksi ke Ms. Word untuk printoutnya okey berikut adalah sourcecode yang di tambahkan pada form3


Setelah itu saya menambahkan source code pada combobox bidang studi seperti berikut :

Dan tambahkan juga source code di Checkbox Spp Bulan seperti berikut :
nah fungsi checkbox ini adalah mengkalikan jumlah bulan yang di pilih dengan harga SPP di setiap Bidang Studi, Misalkan Bidang Studi Akutansi per bulan Rp 270000 ketika checkbox bulan di centang maka di textbox total akan terjumlah secara otomatis











dan ini adalah source code di textbox total :



Setelah Itu saya menambahkan Source code pada button print, nah di button print ini Uang yang dibayar akan di kurangin dengan total harga dan akan terhitung secara otomatis di textbox kembali, di button print ini saya juga menambahkan koneksi ke Ms. Word untuk print outnya dan listbox untuk menampilkan data yang telah di input berikut source codenya :





terakhirtambahkan source code pada button refresh :


nah selesai kita membuat form pembayaran Spp atau form 3 berikut adalah hasil form yang telah di run :
dan berikut adalah hasil output ke word :

Nah Untuk lebih jelasnya ini adalah hasil run keseluruhan aplikasinya :




Komentar

  1. Mohon izin ya.. saya mau gunakan refrensi tugas akhir.. Mohon maaf sebelumnya..

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, alangkah senangnya saya apabila postingan saya ini dapat bermanfaat, sukses buat tugas akhirnya

      Hapus
    2. Textbox9 itu yg mana sesuai di form 3?

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. boleh minta source codenya ga ? tolong sist klo boleh krim ke email saya gerrixanjay@gmail.com, trimakasih

    BalasHapus
  5. laporannya pakek crysta report bisa ngak gan ?

    BalasHapus
  6. Izin ya untuk dipelajari source code na sista. Semoga ilmunya bermanfaat untuk semua.

    BalasHapus
  7. mohon izin untuk dipelajari untuk tugas saya. terima kasih

    BalasHapus
  8. boleh monta filenya? untuk aplikasi siswa madrasah

    BalasHapus
  9. mbk mau nanya textbox9 tu yang mana ya .. mohon bntuannya

    BalasHapus
  10. Mohon bantuannya database di ms. Access kan harus dipindahkan ke folder folder project/bin/debug
    Supaya bisa konek ke vb. Nah punya saya itu gk ada muncul folder bin debug nya mohon bantuannya donk untuk tugas akhir saya

    BalasHapus
  11. Terimakassiiiihhhhhhhh kakak. Sangat terpakai untuk tugas akhir sidang saya. 😊

    BalasHapus
  12. cara supaya dia ke sambung dengan databasenya gmn sis??

    BalasHapus
  13. Min boleh minta sourchcode sama databasenya ? Kirim ke khoirullubispamungkas@gmail.com

    BalasHapus
  14. Bisa minta source codenya ?, Kalau bisa tolong dikirim ke mhk040598@gmail.com ,thanks.

    BalasHapus
  15. Maaf kan Kaka menggunakan word buat outputnya ya Ka, nah di word itu ada yang harus di buat dlu atau enggak?

    BalasHapus
  16. Boleh minta file jadinya gak guyss soalnya kami bingung perihal keuangan buat institusi non profit kami. Thanka

    BalasHapus
  17. pas di button simpan itu kok ada syntax yg error ya ?

    BalasHapus
  18. maaf min ijin bertanya, apakah ini memakai visual basic?? saya ijin mempraktekkan sebagai referensi tugas. terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Restoran/Cafe menggunakan Visual Basic

Tugas Java Checkbox dan Radio Button