KEUNGGULAN INTERNET

A. Keunggulan Internet
Berikut ini adalah beberapa keunggulan atau manfaat yang bisa diperoleh dari internet. Adapun manfaat internet yang dimaksudkan disini, dibagi atas 6 bagian yang diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Manfaat terbesar yang ditawarkan dari internet adalah informasi. Anda dapat menemukan semua jenis informasi pada setiap subjek dengan bantuan mesin pencari seperti Yahoo dan Google.

  2. Tujuan utama dari internet adalah komunikasi. Dalam hal ini telah dilakukan dengan sangat baik, namun proses pembangunan infrastrukturnya masih terus berlangsung hingga saat ini, sehingga akses internet yang semakin cepat segera dapat terealisasi. Komunikasi melalui internet dapat berupa melalui e-mail, yaitu surat elektronik yang dapat digunakan untuk menghubungi seseorang yang secara fisik berada ribu mil jauhnya, tetapi dalam waktu yang singkat pesan Anda akan segera terkirim.

  3. Selain menjadi alat penyedia informasi dan komunikasi, internet juga hadir sebagai media hiburan yang poluer. Berbagai macam hiburan termasuk video game, musik, film, chat room, berita dan lain-lain dapat diakses melalui Internet.

  4. Manfaat internet lainnya adalah dalam bidang E-commerce, yaitu gagasan yang diterapkan dalam segala bentuk transaksi strategi atau bisnis komersial yang memerlukan transmisi data melalui media internet. E-commerce telah menjadi pilihan yang fantastis di mana Anda dapat berbelanja secara online tanpa mengenal waktu.

  5. Fungsi internet lainnya adalah sebagai sarana pembentuk komunitas melalui forum online. Melalui forum online sejumlah orang dapat berpartisipasi dengan berbagai jenis diskusi dan perdebatan, melalui forum, seseorang juga dapat mengekspresikan pandangan mereka dan mengumpulkan pengetahuan yang berharga.

  6. Berbagai layanan lain juga banyak ditawarkan melalui media internet, misalnya untuk pencarian pekerjaan, perbankan online, membeli tiket film, pemesanan hotel, konsultasi, jasa dan lain sebagainya.

  7. Akses 2.4 jam Akses informasi di Internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’. Misainya, saat sebagian besar orang di Yogyakarta terielap di tengah malam, masyarakat di New York justru sedang sibuk-sibuknya bekerja. Perbedaan zone waktu sudah tidak lagi menjadi kendala untuk menelusuri data di dunia maya. Responden penelitian yang dilakukan lewat Internet bisa memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan situasi yang dikehendaki masing-masing individu. 

  8. Kecepatan,bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui Internet jauh lebih cepat, karena bersifat real-time. Kita tinggal mengkilk berbagal icon, selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan). Pencarian informasi secara elektronik melalui mesin pencarl (search engines) sangat menghemat waktu, apalagi kalau dibandingkan dengan pencarian lewat katalog perpustakaan atau pencarian buku/majalah/jurnal dirak-rak perpustakaan. Dalam hal sampling, halaman web juga menjanjikan proses yang lebih cepat dan lebih murah. 

  9. Kenyamanan,penelitian lewat Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti ijin dari berbagai instansi untuk keperluan peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan keharusan untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Selain itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-ftiendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagal situs Internet. 

     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Restoran/Cafe menggunakan Visual Basic

Tugas Java Checkbox dan Radio Button