Program Aplikasi Penjualan Buku dengan Database

Assalammualaikum wr.wb
Disini saya akan mebuat tutorial mengenai Program Penjualan buku yang menggunakan aplikasi Java Netbeans yang terhubung dengan Database program ini saya buat untuk memenuhi ujian UTS STMIK ERESHA berikut tutorialnya dimulai dari pembuatan Database  yang menggunakan XAMPP,Aktifkan Xampp terlebih dahulu lalu buka web browser dan ketikan URL : localhost/PHPmyadmin buat databasenya lalu buat tabelnya,disini saya membuat 3 Tabel yaitu Formedu,Formbiografi dan formnovel












setelah membuat databasennya saya membuat design aplikasi yang  terdiri dari "LOGIN","MENU UTAMA","FORM EDUCATION","FORM BIOGRAFI","FORM NOVEL"






sebelum kita melakukan coding di berbagai item,kita harus mengecek koneksi kita ke database,tujuannya untuk mengecek apakah netbeans kita dapat terkoneksi dengan database atau tidak,berikut codingannya :





Setelah saya membuat koneksi database, saya masuk ke form LOGIN dan saya menambahlan Coding di tombol Login dan Exit,Berikut codingannya


Setelah tombol login berhasil dibuat selanjutnya adalah saya membuat codingan pada Jframe Menu Utama,berikut codingannya :


codingan tersebut berfungsi untuk mengarhankan ke form selanjutnya pada setiap menuitem yg di pilih,selanjutnya saya masuk ke form pertama yaitu forn Education coding yg saya buat pertama kali adalah coding pada radio button,jangan lupa setelah membuat radio buton buat dulu bg grup agar radio buttonnya dapat dipilih satu2 berikut codingannya




coding tersebut bermaksud agar ketika tombol radio button di select maka di field judul buku,penerbit,penulis,harga dan gambar yg sesuai dengan judul buku keluar secara otomatis. setelah itu kita buat codingan pada gambar yang telah dimasukkan ke dalam form


codingan tersebut bertujuan untuk tidak menampilkan gambar pada saat running sehingga gambar keluar hanya ketika kita telah memilih tombol radio buttonnya,setelah itu kita buat codingan pada tombol "HITUNG" berikut codinagnnya


coding ini bertujuan untuk menjumlahkan harga dengan uang yang dibayar,sehingga hasilnya dapat keluar secara otomatis. Selanjutnya kita berikan coding pada tombol "SIMPAN" nah di tombol simpan ini saya akan menghubungkan dengan database sehingga semua item yg telah kita isi akan tersimpan secara otomatis di database yang telah kita buat ketika kita mengklik tombol simpan,berikut codingannya


Setelah kita membuat codingan pada tombol simpan,maka selanjutnya kita membuat codingan pada tombol back,gunanya tombol back agar ketika kita mengkliktombol back maka kita akan kembali pada form menu utama sehingga kita bisa dapat memilih form penjualan yang lain,berikut codingannya 


selanjutnya kita buat codingan pada tombol ulangi,gunanya tombol ini adalah untuk mereset data yang telah kita isi pada form penjualan tersebut,berikut codingannya :


setelah membuat coding ulangi terakhir kita membuat codingan pada tombol exit,berikut codingannya :


ulangi coding yang sama pada item radiobutton,gambar,button simpan,back,hitung,ulangi,exit pada form biografi dan form novel hanya diganti change variabel namenya saja dan di tombol simpan hanya diganti nama tabelnya saja,sekian tutorial dari saya dan berikut adalah video running project saya ini


Komentar

  1. cara bikin form login biar bisa kayak gitu gimana ya

    BalasHapus
  2. untuk menu utamanya pake swing control yg mana ya? saya bingung :(

    BalasHapus
  3. Kak minta no WA dong mau minta program aplikasi penjualan buku, soalnya saya di tugasin buat UAS itu kak pliss kak waktunya cuna seminggu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Restoran/Cafe menggunakan Visual Basic

Tugas Java Checkbox dan Radio Button