Java Netbeans Membuat Program Pengiriman Barang



Assalammualaikum wr.wb
Balik lagi di blog saya,hemm masih seputar pembuatan program di Java Netbeans kali ini saya membuat program Pengiriman Barang yaa kaya JNE gitu hehe..
Okey langsung ajaa,berikut ini adalah design yang saya buat terdiri dari form LOGIN,MENU UTAMA,MENU PENGIRIMAN dan LAPORAN PENGIRIMAN :




Setelah Design Telah dibuat sekarang kita mulai dengan Form Login terlebih dahulu buatlah database di localhost php my admin sebelum buat database kita aktifkan dulu XAMPPdengan cara klik start pada Apache dan MySql
Setelah Xampp sudah aktif lalu kita masuk ke browser dengan URL http://localhost/phpmyadmin untuk membuat database pada project kali ini saya membuat database dengan nama "Uassmt2" setelah create database kita buat tabel login disini saya memberi nama "tlogin" untuk tabel login

karna saya ingin memakai data yang ada di database ketika login maka saya input data di tabel login,hal ini bertujuan untuk mengambil data dari database ke netbeans

setelah membuat database kita masuk ke netbeans dan membut java main class untuk koneksi ke database berikut adalah scriptnya :

setelah itu buat jframeform pada project login,di button LOGIN saya gunakan script seperti berikut :

script berikut bertujuan untuk mengambil data dari database ke netbeans,setelah itu saya tambahkan script pada button EXIT berikut scriptnya :

maka form login selesai dibuat,selanjutnya adalah membuat jframeform untuk menu utama,disini saya menggunakan menu bar dan sub menu bisa lihat designnya diatas,nah pada form ini saya hanya menambahkan script agar ketika kita mengklik submenunya akan langsung terbuka form data pengiriman,berikut scripnya:

selesai di menu utama kita beralih pada form DATA PENGIRIMAN,sebelumnya kita buat dulu database untuk data pengiriman berikut adalah databasenya :


setelah membuat database,seperti design yg saya buat diatas pertama saya tambahkan script di combo box kota,agar ketika kota pengirim dipilih maka provinsi dn kode posnya akan keluar secara otomatis,berikut scriptnya :

selanjutnya saya juga menambahkan script pada combo box tujuan,hal tersebut bermaksud agar ketika tujuan pengiriman di klik maka biaya tempuh akan keluar secara otomatis,berikut scriptnya :

setelah itu saya menambahkan script pada textfield berat hal ini bertujuan untuk agar ketika berat barang saya masukkan maka biaya berat dan total terhitung secara otomatis,berikut adalah scriptnya :

Setelah total terhitung secara otomatis saya menambahkan script pada textfield uang yang dibayar,hal tersebut bertujuan agar ketika saya mengisikan jumlah uang yang dibayar maka pada textfield kembali akan terhitung secara otomatis berapa uang yang harus dikembalikan,berikut adalah scriptnya :
nah sekarang kita tambahkan script pada button2 yg terpakai di form tersebut,berikut adalah script pada tombol save,tombol save berfungsi untuk menyimpan data yang telah kita isi di form pada saat running ke database :


setelah button save sekarang kita tambahkan script di tombol search,hal ini bertujuan agar ketika kita mencari data dengan kode no pembelian maka data yg kita cari akan muncul berikut adalah scriptnya :

Sekarang tambahkan script pada button edit,button edit berfungsi untuk menedit data/mengubah data yang telah kita simpan di database,berikut adalah scriptnya :

Setelah button edit,sekarang tambahkan script pada button refresh,button refresh berfungsi untuk membuat data yg telah kita isi pada form menjadi baru dan kosong lagi seperti pertama kali kita ingin mengisikan data,berikut adalah scirptnya :

Sekarang kita tambahkan script pada button report,button report berfungsi untuk menampilkan form laporan berikut adalah scriptnya :

Selanjutnya adalah kita tambahkan script pada button home,button home berfungsi untuk mengembalikan kita pada menu utama,berikut adalah scriptnya :

Terakhir,kita tambahkan script pada button exit,button exit berfungsi untuk mengeluarkan project ketika di run,berikut scriptnya :

Selesai pada form login dan data pengiriman sekarang kita ke form laporan,sebelum membuat jframefromnya seperti biasa kita buat dulu databasenya,berikut adalah databasenya :

Setelah membuat databasenya lalu kita masuk pada jframefrom laporan pengiriman,seperti design yg telah saya buat tambahkan tabel lalu button cetak dan home,okey langsung saja kita masuk ke source dan tambahkan script import seperti berikut :

import tersebut untuk memasukkan fungsi yg kita gunakan kedalam project,setelah itu tambahkan fungsi public seperti ini :

setelah itu kita buat method seperti ini :

method tersebut berfungsi untuk memberi nama pada field di tabel,setelah itu kita tambahkan methode koneksi,method koneksi bertujuan untuk mengkoneksikan data ke database,berikut scriptnya :
setelah itu tabahkan juga method seperti ini :

methode tersebut bertujuan untuk mengkoneksikan data pengiriman dengan laporan pengiriman,selanjutnya kita tambahkan lagi method seperti ini :

selanjutnya pada button cetak kita tambahkan script seperti ini :


hal tersebut bertujuan agar ketika kita klik button cetak maka tabel akan terisi secara otomatis dengan mengambil data yang ada di database.
Terakhir adalah tombol home,tombol home berfungsi agar ketika kita klik maka akan kembali pada menu utama,berikut scriptnya :


Alhamdulillah selesai sudah Tugas saya dan Program yang saya kerjakan semoga dapat membantu dan bermanfaat amiinnn
berikut adalah running hasil project saya :




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Restoran/Cafe menggunakan Visual Basic

Tugas Java Checkbox dan Radio Button