Membuat Project Eclipse Menggunakan Listview,RadioButton,AlertDialog dan Fungsi Algoritma

Assalammualaikum wr,wb kali ini saya akan mempost project UAS saya menggunakan eclipse
Aplikasi yang saya buat adalah aplikasi wisata dimana aplikais ini dapat memberikan informasi tentang daftar wisata dan juga untuk pembelian ticket okey langsung saja tentu langkah pertama adalah membuka eclipse lalu membuat main activity baru disini saya membuat 6 class dan 6 xml/layout berikut gambarnya :

 Pertama-tama saya membuat design pada activity_listviewtravel.xml disini saya menggunakan Tabhost,berikut design layoutnya :
lalu pada Listviewtravel.java saya tambahkan source code seperti berikut :
gunanya adalah ketika tabhost di klik maka dia akan berpindah ke layout berikutnya,setelah itu run maka hasil tabhost akan seperti ini :

setelah selesai membuat tabhost langkah selanjutnya adalah membuat tampilan home,di home.xml saya mendesign layoutnya seperti ini :
seperti gambar diatas saya menambahkan sebuah jam analog yang terdapat pada pallate cara menggunakan jam hanya mendrag gambar jam analog pada pallate ke layout maka dia akan mensetting sendiri,lalu saya juga memakai 2 buah button yaitu About dan Exit,di tombol About  dan Exit saya memakai fungsi AlertDialog agar ketika tombol about dan exit di klik maka akan keluar tampilan message dialog berikut source code yang saya buat pada class home1.java
 Button About :
Button Exit :

Dan ini adalah hasil run pada layout home tombol about dan exit  :


Setelah selesai membuat home,langkah selanjutnya adalah membuat tampilan untuk ListView, di menu2.xml saya membuat design untuk ListView,nah di ListView ini saya ingin menambahkan gambar pada setiap Listnya maka saya harus membuat satu Activity lagi agar dapat memakai image  maka saya juga membuat design pada activity_list_image.xml berikut layoutnya :
                    menu2.xml                                                                               activity_list_image.xml



















Dan jangan lupa untuk memasukkan gambar yang ingin dipakai untuk icon ListView ke project caranya : Copy Paste gambar pada res -> lalu copykan di folder drawbel-xhdpi seperti berikut :
 Setelah itu  saya menambahkan source code pada class Listviewuas1.java ,Listviewuas1.java adalah class dari menu2.xml seperti berikut :

Fungsi source code  String[] diatas adalah memberikan nama pada Listview
dan  Fungsi Integer [] diatas untuk memasukkan gambar
karena saya ingin menambahkan AlertDialog  agar ketika Listview di klik maka akan keluar message dialog yang memberikan informasi tentang sejarah wisata tersebut maka saya tambahkan source code seperti berikut :


Nah setelah itu saya akan menambahkan source code di ListImage.java , ListImage.java adala class dari activity_list_image.xml berikut gambarnya :
Berikut hasil run dari layout ListView :



Setelah membuat listview,saya membuat form penjual ticket berikut designnya yang saya buat di activity_ticket.xml nah disini saya ingin mencetak ticket yang telah diisi maka dari itu saya membuat satu activity lagi yaitu print untuk mencetak ticket,pada activity_print.xml saya mebuat design seperti berikut  :
           activity_ticket.xml                                                                                 activity_print.xml

















 Nah bisa dilihat disni saya menggunakan RadioButton untuk memilih tujuan wisata,Button Hitung untuk mengalikan harga dan jumlah pembelian ticket,Button reset untuk merefresh atau mengosongkan layout kembali dan tombol print untuk menampilkan ticket.
Maka di Ticket.java atau class dari activity_ticket.xml saya menambahkan source code seperti berikut:
Tambahkan variabel agar dapat memanggil id :


Lalu ini adalah source code pada button hitung,fungsinya untuk mengalikan harga tiket dengan banyaknya tiket yang dibeli agar secara otomatis hasilnya akan langsung terisi pada edittext total:


Berikut source code pada Button Reset,agar ketika kita mengklik tombol reset maka secara otomatis akan mengosongkan atau merefresh edittext yang telah diisi tadi :

 Dan pada Button Print tambahkan source code seperti berikut,agar ketika tombol print di klik maka data yang telah diisi akan tercetak secara otomatis di layout selanjutnya dan menampilkan Message Dialog :
Tambahkan juga fungsi Toast pada RadioButton,agar ketika kita mengklik pilihan yang ada di radiobutton agar mengeluarkan short message  dan tambahkan juga Fungsi Settext pada source code untuk mengeset harga dan tujuan pada edittext. berikut source codenya ;

 Lalu jangan lupa tambahkan source code pada class Pint.java berikut source codenya :
naah source code diatas berfungsi untuk mengambil data dari layout sebelumnya.

Berikut hasil runnya :







Selesaaiiiiii semoga dapat menjadi referensi dan dapat membantu yaaa
akhirt kata,Wassalammualaikum Wr.Wb


Komentar

  1. BAGUS sangat membantu banget...

    BalasHapus
  2. masukkin codinganya dong please..
    banyak eror & kurang codingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih,errornya di bagian mana? disini sudah saya masukkan semua codingannya dalam bentuk screenshoot

      Hapus
  3. kalo ada pertanyaan tanyain aja ya kita sharing ilmu bareng2 :D

    BalasHapus
  4. jika memasukkan source code untuk algoritma pencarian gimana yah?
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. boleh minta source nya teh? kalau boleh tlg kirim ke arnita.martiana92@gmail.com thx

    BalasHapus
  6. boleh minta source nya ka? kalau boleh tolong kirim ke phitasari24@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  7. Kak minta source nya dong boleh gak?

    BalasHapus
  8. Klo boleh mnta sourcenya kak ? Klo boleh kirim ke email muhammadnurhuda696@gmail.com makasi sebelumnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Restoran/Cafe menggunakan Visual Basic

Tugas Java Checkbox dan Radio Button