Menggunakan Fungsi Trigger di Microsoft SQl Server 2012

Assalammualaikum WR. WB

Kembali lagi diblog saya, dipostingan kali ini sesuai dengan judulnya yaitu Menggunakan Fungsi Trigger di Microsoft SQl Server 2012. Sebelum masuk ke kasusnya kita pahamin dulu ya apa itu Trigger??

Trigger merupakan sekumpulan perintah atau sintaks yang akan secara otomatis dijalankan jika terjadi operasi tertentu dalam tabel atau view. Trigger digunakan untuk memanggil satu atau beberapa perintah SQL secara otomatis sebelum atau sesudah terjadi proses INSERT, UPDATE atau DELETE dari suatu tabel.

Nah Pada Kasus Kali Ini saya yaitu bertambahnya stok barang apabila ada transaksi berupa pembelian, jadi jumlah barang yang sudah dibeli akan bertambah otomatis di jumlah stok langsung saja simak berikut ini :
Ini adalah Perincian Objetc Explore di Microsoft SQL Server 2012





Pada Gambar Diatas dapat dilihat 
Nama Database : viani_trigger
Table                 : Table_Barang, Table_Pembelian
Trigger              : TambahStok_006141121091

Dan ini adalah nama Column yang saya buat pada masing2 Table


Table_Barang

Table_Pembelian

Setelah Membuat Column, Kita isikan Data pada masing2 Table berikut data yang saya isikan pada Table_Barang :


Dan ini adalah data yang saya isikan pada Table_Pembelian :



Setelah data diisikan pada masing2 table maka buatlah fungsi Trigger pada Table_Pembelian caranya klik kanan pada folder Trigger lalu pilih New Trigger seperti gambar dibawah ini



Tambahkan ScriptCode seperti berikut :


Lalu execute jika berhasil maka akan terlihat message seperti pada gambar, sampai di proses ini sebenarnya kita sudah selesai untuk lebih jelasnya lihat hasil running ini :



Alhamdulillah selesai sudah tugas dan postingan saya kali ini kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat wassalammualaikum wr,wb.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Restoran/Cafe menggunakan Visual Basic

Tugas Java Checkbox dan Radio Button